Ilistrasi Menara London (Foto: Istimewa)
Ilistrasi Menara London (Foto: Istimewa)

Mengenal negara Inggris pasti lengkap dengan kerajaannya. Sudah tidak asing memang, sebagai negara kerajaan London menjadi pusat pemerintahan yang identik dengan bangunan kerajaan pula.

Salah satu bangunan kerajaan yang super megah, yakni 'Menara London' yang berada di tepi Sungai Thames. Bangunan yang sudah berdiri selama berabad - abad ini kerap dikunjungi wisatawan.

Namun, Di balik kemegahannya 'Menara London' memiliki kisah menarik tersendiri. Dilansir dari berbagai sumber, berikut deretan keunikan dari megahnya 'Menara London'.

Bukan Sekedar Menara Tapi Mirip Kastil

Ya, tidak seperti namanya 'Menara London', bangunan ini terdiri dari suatu kompleks bangunan yang strukturnya menyerupai kastil atau kompleks perbentengan.
Menara ini pada awalnya memang dipersiapkan untuk perbentengan pada tahun 1066.

William Sang Penakluk yang merupakan tokoh pemimpim invasi bangsa Norman ke tanah Inggris saat itu. Semenjak itu, bangunan ini terus mengalami modifikasi hingga akhirnya berdiri megah lengkap dengan bangunan bertingkat yang memiliki menara tinggi di setiap sudutnya. Su bagian luar terdapat juga barisan tembok yang amat tebal.

Tempat Penahanan Tokoh-Tokoh Penting Di Inggris, Dan Pernah Menjadi Tempat Hukuman Mati

Salah satu yang paling terkenal dan pernah ditahan di 'Menara London' yakni, Putri Elizabeth. Dimana, pada masanya sang putri akan bertahta sebagai ratu di masa keemasan Inggris.

Ia dijebloskan ke tahanan oleh saudarinya yang bergelar Ratu Mary I, lantaran curiga jika Elizabeth berniat mengkudetanya. Namun, tuduhan tersebut tidak terbukti dan Putri Elizabeth dibebaskan setelah 2 tahun merasakan masa tahanan.

Beberapa tokoh penting lainnya seperti Ibu Elizabeth bernama Anne Boleyn mengalami nasib yang kurang beruntung, ia dihukum mati di Menara London pada tahun 1536 karena tuduhan perselingkuhan.

Kemudian di tahun 1605 Guy Fawkes harus dipenjara dan disiksa hingga menerima hukuman mati karena mencoba meledakkan gedung parlemen Inggris. Potref wajahnya kini menjadi sumber inspirasi karakter 'V For Vandetta' dan topeng gerakan Anonymous. Setidaknya ada 22 orang yang dihukum mati di Menara London, terakhir eksekusi ini dilakukan pada tahun 1941.


Dihuni oleh Gagak yang Konon Menentukan Nasib Kerajaan

Legenda paling terkenal di Menara London yakni berkaitan dengan keberadaan burung - burung gagak yang bersarang di dalamnya. Keberadaan mereka dianggap penting untuk masa depan kerajaan.

Dari cerita legenda, jika burung - burung gagak ini sampai terbang melarikan diri dari Menara London akan menjadikan Kerjaan Inggris runtuh.

Pihak kerajaan menganggap serius akan legenda tersebut. Di dalam menara, terdapat sangkar - sangkar yang berisi kurang lebih sebanyak 6 ekor gagak. Pihak kerajaan bahkan memperkerjakan orang khusus untuk merawat burung - burung ini, profesinya disebut Ravenmaster.


Kerap Ditemui Penampakan Hantu

Menjadi bangunan tua yang pernah dibuat untuk mengeksekusi mati tahanan, tak dipungkiri tempat ini juga memiliki suasana angker. Dari kesaksian pengunjung, di Menara London ada hantu - hantu wanita berwarna putih dan hitam yang kerap menunjukkan diri. Namun, ketika dilihat sesuatu yang menampakkan diri itu menghilang begitu saja.

Tak hanya penampakan visual, sejumlah pengunjung lainnya di Menara London juga merasa, kadang - kadang mereka mencium bau aneh menyerupai parfum dan sesuatu tak terlihat mencoba menyentuh bahu mereka. Hiii .... seram juga ya!