Ilustrasi.(Foto : Goggle Images)
Ilustrasi.(Foto : Goggle Images)

Realisasi pajak bumi bangunan perkotaan dan pedesaan (PBB-P2) Kabupaten Blitar di 22 kecamatan untuk tahun 2018 telah memenuhi target 100 persen. Target PBB-P2 tahun 2018 di 22 Kecamatan sebesar Rp 27 miliar lebih dengan jumlah PBB yang berbeda di masing-masing kecamatan.

Dari 22 kecamatan di Kabupaten Blitar, sebanyak 6 kecamatan dinyatakan efektif dalam pencapaian PBB-P2. Masing-masing Kecamatan Bakung, Panggungrejo, Wonotirto, Udanawu, Kesamben, dan Sutojayan.

Kepala Bapenda Pemkab Blitar Ismuni mengatakan, keberhasilan tersebut merupakan keberhasian bersama atas kepedulian semua pihak, mulai dari dusun, desa atau kelurahan, kecamatan dan kabupaten untuk menagih pajak tersebut. Ditambah lagi dengan tingginya kesadaran masyarakat terhadap pembayaran PBB-P2

“Sampai dengan saat ini, PBB-P2  dari target baku ketetapan telah mencapai 83,29 persen. Ini dari target APBD sudah mencapai 100 persen. Kami ucapkan terimakasih kepada wajib pajak yang sudah membayar,” ucap Ismuni.

Meskipun target APBD telah tercapai, Bapenda mencatat masih ada beberapa desa di Kabupaten Blitar yang belum melunasi PBB-P2. Di antaranya desa di Kecamatan Selopuro, Selorejo, Ponggok dan Binangun.

“Untuk yang belum membayar, kami aktif melakukan penagihan. Meski demikian, ternyata ada objek pajak yang berada di luar kota atau di luar negeri sehingga belum bisa ditagih,” kata Ismuni. (*)