Deklarasi Kalah Terhormat Menang Bermartabat di RTH Wlingi Kab Blitar.(Foto : Team BlitarTIMES)
Deklarasi Kalah Terhormat Menang Bermartabat di RTH Wlingi Kab Blitar.(Foto : Team BlitarTIMES)

Dalam upaya menciptakan situasi aman, damai dan sejuk jelang Pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blitar menggelar senam awas dan deklarasi kalah terhormat menang bermartabat, Minggu (23/9/2018).  

Acara yang digelar di Taman Idaman Hati Wlingi dihadiri Ketua partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 dan ratusan pengawas pemilu se Kabupaten Blitar.

Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar, Hakam Sholahudin, mengatakan deklarasi ini dalam rangka membangun komitmen bersama.

Tujuan utamanya, mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Blitar mensukseskan Pilpres dan Pileg 2019 di Kabupaten Blitar.

“Kami (Bawaslu) mengajak seluruh peserta pemilu 2019 di Kabupaten Blitar untuk mematuhi peraturan selama masa kampanye yang digelar mulai 23 September 2018 sampai dengan 13 april 2019. Kami juga mengajak seluruh elemen untuk menjaga kondusifitas daerah tetap aman tertib selama berlangsungnya masa kampanye,” ucap Hakam Sholahudin.

Ditegaskan, sikap bersama yang tertuang dalam naskah ikrar berintegritas dan damai mengandung makna bukan sekadar formalitas dan seremonial belaka, akan tetapi jauh memiliki makna mempertegas sikap peserta Pemilu 2019 untuk turut menciptakan iklim yang konfusif bagi keseluruhan proses Pemilu 2019.

Deklarasi kalah terhormat menang bermartabat ini dibacakan Ketua Bawaslu Hakam Sholahudin diikuti oleh perwakilan 16 partai politik peserta pemilu.

Ada beberapa poin dalam deklarasi ini. Diantaranya menjaga kondusifitas Kabupaten Blitar dalam pelaksanaan pemilu, dan mengikuti aturan perundang-undangan yang ada.

“Dengan pemilu damai kalah terhormat menang bermartabat, diharapkan akan menghasilkan pemimpin yang betul-betul berintegritas dan mewakili rakyat.Kami dari Bawaslu juga siap melakukan pengawasan sebaik-baiknya, agar pemilu berlangsung sesuai aturan yang ada," tutupnya.