Krisna Triatmanto Kepala DLH Kabupaten Blitar (Foto: Aunur Rofiq/ BlitarTIMES)
Krisna Triatmanto Kepala DLH Kabupaten Blitar (Foto: Aunur Rofiq/ BlitarTIMES)

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blitar berkomitmen memberikan perhatian khusus terhadap kelestraian flora dan fauna di wilayahnya. Kepedulian itu diwujudkan dengan gencar melakukan sosialisasi.

Kepala DLH Kabupaten Blitar, Krisna Triatmanto mengatakan, sosialisasi salah satunya dilakukan melalui papan imbauan. Diantaranya larangan memotong, memaku dan merusak pohon, larangan menembak burung dan satwa liar serta papan larangan penangkapan ikan dengan setrum, bom dan racun.

“Pelestarian flora dan fauna ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem, dalam hal ini peran serta masyarakat sangat dibutuhkan,” kata Krisna kepada BLITARTIMES, Rabu (10/5/2017).

Krisna menjelaskan, papan larangan tersebut sudah dipasang untuk meningkatkan pemahaman masyarakat. “Diharapkan sosialisasi ini akan dapat menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan melestarikan flora dan fauna,” tukasnya.

Lebih dalam Krisna menyampaikan, Kabupaten Blitar sudah memiliki peraturan daerah (Perda) Pelestarian Flora dan Fauna melalui Perda No 11 Tahun 2011. Perda ini untuk menjaga serta melindungi flora dan fauna yang saat ini terancam punah. “Flora dan fauna tersebut sangat perlu kita lestarikan,” tandas Krisna Triatmanto.(*)