Massa GPI Mendemo Kejaksaan Negeri Blitar (foto: Nur/blitartimes)
Massa GPI Mendemo Kejaksaan Negeri Blitar (foto: Nur/blitartimes)

BLITARTIMES - Gerakan Pembaharuan Indonesia (GPI) Blitar mengerahkan puluhan massanya, Rabu (18/11), ke Kantor Kejaksaan Negeri Blitar. Mereka menuntut dicopotnya Kepala Kejaksaan, Kasi Pidsus, dan Kasi Intel Kejaksaan Negeri Blitar. Mereka melakukan aksinya dengan menggelar mimbar bebas, disertai orasi, diselingi sajak dan pantun.

Aksi ini disulut oleh dugaan adanya oknum Kejaksaan Negeri Blitar yang kerap memeras pejabat di Pemerintah Kabupaten Blitar. “Hampir semua Kepala SKPD didatangi oleh oknum berambut cepak ini. Modusnya, oknum tersebut membuat mental pejabat Pemkab down dengan membawa hasil audit BPK, pemberitaan media massa dan informasi masyarakat. Ujung-ujungnya, ia memeras pejabat yang didatanginya,” terang Joko Prasetyo, Ketua GPI.

“Kami telah melaporkan tindakan oknum ini ke Jaksa Agung, dan sudah ditindaklanjuti oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Pejabat-pejabat Pemkab Blitar yang menjadi korban oknum Kejaksaan tersebut telah dimintai keterangan oleh Jaksa Pengawas Kejati Jawa Timur. Kami berharap prosesnya segera dituntaskan, agar masyarakat tidak gelisah,” jelas Joko.

Selain itu, massa aksi juga mengingatkan kepada pejabat Pemkab Blitar untuk berhati-hati menggunakan anggaran daerah. “Jauhi korupsi! Karena, dengan kejadian ini, bukan tidak mungkin oknum Kejaksaan Negeri Blitar yang lain akan melakukan aksi balas dendam sebagai bentuk solidaritas terhadap rekan mereka,” teriak salah seorang orator. (*)