Pengamen (membawa gitar) turut menyanyikan jingle 'ayo nyoblos) (foto : Ardiyanto/lamongantimes)
Pengamen (membawa gitar) turut menyanyikan jingle 'ayo nyoblos) (foto : Ardiyanto/lamongantimes)

JATIMTIMES, LAMONGAN-Ada yang lain dalam sosialisasi yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan di pasar-pasar dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 9 Desember 2015 nanti.

Di sejumlah pasar yang menjadi target KPU untuk melakukan soaialisasi, KPU senantiasa memutar jingle lagu Pilkada berjudul ‘Ayo nyoblos’. Tema lagu itu sendiri adalah mengajak masyarakat untuk memilih di tempat pemungutan suara (TPS) pada 9 Desember 2015 mendatang.

Menariknya, inspirasi menciptakan lagu ini ternyata datang spontanitas, yakni pada saat dua sosok anak muda yang masih berstatus pelajar Wanda Wibowo dan Nunu Nurul Huda nongkrong ngopi. "Lagu ini menjadi teman untuk ngopi bersama teman-temannya,” ungkap Komisioner KPU Divoso Sosialisasi, Fathur Rohman.

Menurut Fatkhur, selain berperan menciptakan lagu, Wanda Wibowo juga bertugas meng-aransemen lagu ini. Sementara Nunu Nurul Huda menjadi sosok yang menyanyikan lagu berdurasi 2 menit 24 detik ini. "Ini menjadi inspiring untuk masyarakat Lamongan terutama generasi muda untuk selalu berkarya,walaupun itu sangat sederhana,” sambungnya.

Menurut dia, pemutaran lagu tersebut sekaligus sebagai bentuk sosialisasi dan kampanye kepada masyarakat. “Ini jadi salah satu terobosan kita untuk meningkatkan partisipasi masyarakat,” sambung Fatkhur.

Melalui pemutaran lagu ini, KPU berharap golongan putih (golput) dalam Pilkada mendatang bisa berkurang. "Ya pasti, sosialisasi pasti arahnya meningkatkan partisipasi masyarakat,” tandas Fatkhur.

Uniknya, ketika di putar di pasar Lembung, Desa Tunjung Mekar, Kecamatan Kalitengah, pengamen yang ada di pasar tersebut turut membantu KPU. “Pengamen ikut nyanyi dan mereka juga bantu sosialisasi dengan nyanyi lagu ini,” pungkas dia. (*)