Foto: Tristania Dyah/malangtimes
Foto: Tristania Dyah/malangtimes

JATIMTIMES, MALANG - Dua petinggi negara dalam pemerintahan RI hadir dalam diskusi panel nasional Tata Kepemerintahan Untuk Kemandirian Bangsa yang diselenggarakan oleh Universitas Brawiyaja di Gedung Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), Senin (12/10/2015) pagi ini.

Yakni, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara, Prof. Dr H Yuddy Chrisnandi, ME; dan Ketua Mahkamah Konstitusi Periode 2008-2011, Prof Dr Moh Mahfud MD., S.H., S.U. Hadir pula Ketua Minat Administrasi Pemerintah FIA UB, Dr Luqman Hakim, M.Sc. 

Diskusi ini bertujuan untuk menambah wawasan peserta tentang tata kelola pemerintahan yang diberikan oleh orang-orang yang terlibat langsung di dalam struktur pemerintahan negara.

Seperti, Mahfud MD yang akan memaparkan tata kepemerintahan atau birokrasi saat ini dan tata kepemerintahan yang ideal dari sudut padang konstitusi. Sedangkan, Luqman Hakim akan memaparkan tata kepemerintahan ideal dari sudut akademisi.

Dr Luqman Hakim, M.Sc. Ketua Minat Administrasi Pemerintah FIA UB mengatakan, dengan adanya pemaparan dari sudut pengalaman dan akademisi mampu memberikan gambaran kepada peserta yang merupakan mahasiswa FIA UB untuk mampu menciptakan pemerintahan yang ideal atau good governance. 

"Sebab, mahasiswa FIA ini merupakan calon pelaku birokrasi indonesia di masa depan. Sehingga perlu adanya penambahan wawasan yang bersifat real," ujar Bambang. Diskusi ini salah satu upaya UB untuk berkontribusi mewujudkan good governance di Indonesia. (*)